April 16, 2019

Mengadopsi seekor burung peliharaan itu menyenangkan — Anda menambahkan anggota baru ke keluarga Anda dan mendapatkan teman seumur hidup. Tetapi sebelum membawa pulang tambahan keluarga baru Anda, Anda harus memastikan bahwa rumah Anda adalah lingkungan yang aman dan sesuai untuk burung peliharaan Anda.

Untuk membuat burung Anda senang, berikan banyak “waktu terbang”, atau waktu yang dihabiskan di luar kandangnya di dalam ruangan, kata Dr. Hess. Sebelum Anda membiarkan burung peliharaan Anda menjelajahi rumah Anda, Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan.
Selain itu, “Burung adalah hewan yang sangat ingin tahu dan selalu memasukkan benda ke dalam mulutnya,” kata Dr. Sara Redding Ochoa, DVM. Anda harus mempertimbangkan semua bahaya yang mungkin ada di rumah Anda, dan kemudian menyingkirkan semua bahaya atau menyembunyikannya sehingga teman berbulu Anda tidak melukai dirinya sendiri.
Anda harus mulai berpikir seperti burung ketika Anda mengevaluasi setiap potensi bahaya di rumah Anda.

Bahaya Jendela, Kipas, dan Cermin
Menurut Laurie Hess, DVM, Dipl ABVP (Avian Practice), salah satu cedera burung yang paling umum adalah karena kipas angin di langit-langit. Jangan pernah menyalakan kipas apa pun saat burung Anda terbang. Anda juga perlu “menutup semua jendela dan pintu dan menutup semua cermin,” kata Dr. Hess.

Hess menjelaskan, bahwa penting untuk menutupi cermin Anda karena burung mungkin tidak mengerti bahwa mereka kuat dan dapat terbang ke dalamnya dan melukai diri mereka sendiri. Burung juga dapat menjadi terobsesi dengan refleksi mereka dan berpikir bahwa itu adalah burung lain, yang dapat menyebabkan masalah teritorial dan masalah lainnya.

Hess juga menekankan bahwa Anda tidak boleh membiarkan burung Anda terbang di sekitar rumah Anda tanpa pengawasan. penting untuk selalu mengawasi burung Anda — bahkan setelah Anda benar-benar tahan terhadap burung.

Bahaya Panas dan Memasak
Setiap kali burung Anda terbang, Anda harus menghindari segala jenis nyala api, seperti perapian, kompor, atau lilin.

Bahaya lain yang mengintai di dapur Anda adalah asap yang tidak berbau dan tidak berwarna yang berasal dari penggunaan peralatan masak tertentu. “Teflon atau pelapis peralatan masak antilengket lainnya mengeluarkan asap yang tidak berbau ketika dipanaskan yang dapat membunuh burung,” kata Dr. Hess. Teflon bukan hanya pelapis untuk peralatan masak antilengket — juga pada hal-hal seperti oven pembersih sendiri, oven pemanggang roti, microwave, dan bahkan pengering rambut dan pelurus rambut.

Bahaya Makanan
Meskipun menawarkan sedikit makanan kepada burung Anda dapat membantu dengan sosialisasi dan ikatan, penting untuk tidak berbagi apa pun yang telah bersentuhan dengan mulut Anda.

Menurut Dr. Hess, “Ada banyak bakteri di mulut Anda yang asing bagi burung dan bisa berbahaya.” Makanan yang tinggi garam atau lemak, bersama dengan alkohol, kafein, bawang, dan alpukat, semuanya beracun bagi burung dan harus dijaga dengan baik di luar jangkauan, katanya.

Ochoa juga memperingatkan terhadap adonan ragi, jadi jauhkan burung Anda jika Anda membuat roti.

Bahaya Aerosol
Produk aerosol, seperti pembersih semprotan dan semprotan rambut, juga berbahaya bagi burung. “Burung memiliki sistem pernapasan yang sangat sensitif dan dapat dirugikan oleh asap kimia,” kata Dr. Hess. Lilin beraroma, minyak wangi dan penyegar udara juga berpotensi berbahaya.

Bahaya Logam Berat dan Listrik
Salah satu ancaman terbesar bagi burung adalah toksisitas logam berat. “Burung secara alami tertarik pada benda-benda mengkilap, dan mereka mengunyah segalanya,” kata Dr. Hess. Gabungan dua kecenderungan ini membuat barang-barang seperti perhiasan, anting, dan kunci sangat memikat. Namun, barang-barang ini berpotensi mengandung logam berat, seperti seng, tembaga, dan timbal, yang dapat memiliki efek fatal bagi burung. Selain itu, Dr. Hess memperingatkan tentang lampu Tiffany, yang bisa disolder yang mungkin mengandung seng.

Bahaya suhu
Penting untuk menjaga suhu yang relatif stabil untuk burung Anda. “Berlawanan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, fluktuasi suhu yang halus tidak melukai burung,” kata Dr. Hess. “Itu hanya ketika mereka sangat cepat— [seperti pergi dari] 95 derajat ke 50 derajat [Fahrenheit] – bahwa itu bisa menjadi masalah.”

Draf di rumah Anda kadang-kadang dapat menyebabkan fluktuasi suhu untuk burung Anda. Karena itu, “Pastikan burung Anda [disimpan] di tempat yang jauh dari angin,” kata Dr. Ochoa.

Bahaya dengan Anak-Anak
Anak-anak suka burung, tetapi mereka perlu memahami cara bermain dan berinteraksi dengan teman mereka yang berbulu. “Anak-anak kecil dapat dengan mudah melukai seekor burung dengan bermain terlalu kasar atau menjepit jari mereka di dalam kandang,” kata Dr. Hess. Pastikan Anda selalu mengawasi interaksi antara anak-anak Anda dan burung Anda untuk memastikan keduanya tetap aman.

Bahaya Kandang

Menurut Dr. Hess, tidak semua kandang burung atau persediaan burung bebas dari bahaya. “Jika Anda menggunakan kandang berusia 20 tahun yang Anda temukan di loteng, Anda harus memastikan itu aman,” katanya. Kandang lama dibuat dengan lapisan bubuk yang mengandung zink, yang seperti disebutkan sebelumnya, dapat menyebabkan keracunan logam.
Sangkar burung yang lebih baru, seperti Sangkar Burung Produk Prevue yang terbuat dari besi tempa dan kandang burung beo terbuka atas YML dengan dudukan, bebas seng dan timah.

Saat membeli sangkar burung, gunakan sangkar burung yang ditujukan untuk jenis burung yang Anda adopsi. Anda harus memeriksa untuk memastikan jeruji spasi dengan tepat sehingga burung Anda tidak bisa tersangkut kepalanya.

Anda juga ingin memastikan bahwa aksesori sangkar burung, seperti mangkuk keramik yang Anda gunakan untuk memberi makan atau memberi air kepada burung Anda, tidak mengandung timbal.

Mainan burung juga harus diperiksa untuk memastikan bahwa mereka tidak mengandung tali atau serat longgar yang dapat membungkus jari-jari kaki dan memotong sirkulasi.

Dalam hal perawatan burung, meluangkan waktu untuk membuktikan rumah Anda dari bahaya burung peliharaan sangat penting. Memastikan rumah Anda aman akan membantu menjaga burung Anda tetap sehat dan bahagia.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *