March 29, 2019

Banyak orang akan menyelesaikan diskusi tentang cara memberi makan burung hanya dengan satu kata: biji. Mungkin beberapa akan meringkasnya dalam tiga kata: biji dengan pelet.

Namun, tanyakan kepada dokter hewan yang merawat burung yang sakit secara teratur, dan Anda kemungkinan akan mendapatkan jawaban yang jauh lebih kompleks.

Kita sering berpikir tentang burung yang memakan biji, sebagian, karena itulah yang kita masukkan ke pengumpan burung. Plus, burung suka biji, kan?

Mari kita lihat apa yang dimakan burung liar, dan bagaimana diet mereka berbeda dari apa yang harus Anda beri makan burung peliharaan Anda.

Mengapa Burung Liar Memakan Biji
Jika kita berpikir kembali ke pengumpan burung kita, benih yang dimakan burung liar sebenarnya merupakan bagian kecil dari makanan mereka. Untuk setiap biji yang mereka ambil, mereka mungkin makan 10 serangga atau lebih, ngengat, laba-laba, atau ulat. Bahkan di kedalaman musim dingin, sebagian besar burung liar berhasil menemukan sumber protein yang tidak aktif — serangga — tersedia untuk ngemil.

Biji makanan burung liar yang mereka konsumsi menyediakan kalori — kebanyakan dalam bentuk lemak — yang dapat mereka gunakan untuk menambah makanan mereka, terutama di musim dingin ketika dibutuhkan banyak kalori agar tetap hangat.

Tetapi ada jutaan burung liar yang tidak memiliki akses ke pengumpan burung sama sekali — atau hanya memilih untuk tidak makan biji. Apa yang dilakukan burung-burung itu?

Beberapa orang memakan biji liar — yang merupakan alasan bagus untuk tidak membersihkan semua gulma dari pekarangan Anda atau mematikan bunga Anda di akhir musim gugur saat musim dingin semakin dekat. Tetapi burung sangat mampu bertahan hidup dengan sedikit, atau bahkan tidak, benih sama sekali.

Haruskah Anda Memberi Bibit ke Burung-Burung Peliharaan?
Jadi mengapa kita mengisi kandang burung sampai penuh dengan makanan burung benih untuk burung peliharaan kita?

Ketika kita merebus nutrisi biji, itu terutama lemak dan karbohidrat. Saya cenderung menganggapnya sebagai junk food paling berminyak dan paling lezat yang bisa Anda bayangkan. Banyak hewan, diberikan pilihan, akan condong ke arah lemak yang tidak sehat, dan kebanyakan burung tidak berbeda.

Burung liar membutuhkan lonjakan lemak dan karbohidrat untuk energi — mereka harus menghindari elang, menghabiskan malam dingin di luar, terbang bermil-mil pada suatu waktu untuk menemukan pasangan dan memberi makan bayi yang sedang tumbuh. Burung peliharaan kami tidak memiliki kebutuhan energi yang sangat besar ini, jadi mereka tidak membutuhkan banyak lemak ekstra.

Apa Yang Seharusnya Anda Memberi Makan Burung?
Saya merekomendasikan makanan burung pellet. Kibble yang diformulasikan secara khusus ini memiliki semua nutrisi yang diperlukan untuk burung, dicampur menjadi pelet tegas (seperti makanan anjing kering dan makanan kucing). Makanan-makanan yang diformulasikan ini juga mencegah burung Anda memilih bagian yang disukainya dan meninggalkan sisanya.

Ada beberapa merek di pasaran, dengan sedikit perbedaan tergantung pada jenis burung yang Anda miliki dan apakah Anda lebih suka makanan tanpa pewarna buatan. Beberapa merek utama termasuk Roudybush, ZuPreem, Kaytee dan Harrison, di antara yang lainnya. Saya telah memberi makan banyak dari ini selama bertahun-tahun dengan sukses.

Di rumah saya, saya juga menambah makanan pelet dengan sedikit makanan orang sehat seperti telur, ayam, pasta, sayuran dan buah-buahan. Anda harus selalu mendiskusikan item makanan pelengkap dengan dokter hewan sebelum menambahkannya ke diet burung Anda. Mereka dapat memberi Anda ukuran porsi yang tepat, tetapi aturan praktis yang baik adalah bahwa ukuran porsi harian kemungkinan tidak boleh melebihi ukuran kaki burung Anda. Ini juga harus mencakup sesuatu dari beberapa kelompok makanan: protein, sayuran, buah dan karbohidrat. (Gula TIDAK dihitung sebagai kelompok makanan.)

Kiat untuk Mengubah Burung Anda menjadi Makanan Burung Baru
Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter hewan Anda untuk memastikan makanan burung yang baru tepat untuk hewan peliharaan Anda. Setelah Anda memilih makanan terbaik untuk burung peliharaan Anda, ada banyak teknik untuk mengalihkannya dari diet yang melibatkan biji-bijian menjadi makanan baru mereka. Salah satu yang saya rekomendasikan untuk burung yang benar-benar sehat, terutama yang lebih muda, adalah metode berikut:

Di pagi hari, saya menghapus semua biji (termasuk tangkai millet) dan setiap makanan lain dari kandang, dan meninggalkan makanan baru yang saya ingin mereka makan. Satu-satunya makanan yang tersedia untuk burung itu adalah makanan sehat. Terlepas dari keluhan yang Anda terima, ini semua yang ditawarkan burung untuk hari itu.

Di malam hari, ketika Anda pergi untuk menutupi kandang dan meletakkan burung ke tempat tidur, Anda dapat menambahkan cangkir dengan beberapa sendok makan makanan lama ke kandang. Jika dia berpuasa sepanjang hari, dia bisa makan malam semalaman ini.

Namun, kebanyakan burung lelah dan tidak lagi tertarik memakan makanan lama di malam hari. Namun di pagi hari, bangun pagi dan singkirkan makanan itu dari kandang, dan gantilah dengan pelet baru. Ulangi siklus ini.

Secara umum, dalam waktu 30 hari, burung benar-benar beralih ke makanan pelet, dan Anda dapat menggunakan benih sebagai pelatihan atau menawarkannya sebagai suguhan khusus.

Karena ini adalah waktu untuk resolusi Tahun Baru, ini adalah salah satu yang dapat Anda miliki untuk memberi makan burung peliharaan Anda. Makan yang bersih membantu setiap orang untuk hidup lebih lama. Beberapa spesies burung sangat rentan terhadap penyakit jantung dan lainnya mengembangkan kanker ketika diberi makan diet tinggi lemak, jadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga burung kesayangan Anda tetap sehat adalah memberi makan makanan burung sehatnya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *